By | July 20, 2020

Tidak hanya itu si anak juga akan terhindar dari sifat pemalu dan akan lebih memiliki inisiatif yang tinggi dalam melakukan sesuatu. Melalui bisnis Sedulur secara tidak langsung juga bisa mengajarkan si anak pentingnya nilai uang itu sendiri. Tidak hanya sekedar teori namun Sedulur juga bisa mengajarkan mereka secara praktik. Bisnis atau ekerjaan sampingan yang Sedulur lakukan tidak hanya bisa dijadikan penghasilan tambahan namun juga bisa dijadikan sebagai sumber dana darurat. Santi menambahkan, uang hasilnya berjualan juga diperuntukkan untuk menyekolahkan kelima anaknya, yang kini sudah berkeluarga semua, walaupun hanya sampai tamat di pendidikan Sekolah Dasar .

Berjualan untuk membantu keluarga

Liputan6.com, Jakarta – Masa anak-anak menjadi masa yang paling menyenangkan. Bagaimana tidak, masa-masa tersebut dipenuhi dengan kegiatan bermain. Namun sayang, tak semua anak bisa memiliki masa-masa indah tersebut.

Salah satu cara memulai bisnis atau usaha yang sukses adalah dengan mempelajari perhitungan akuntansi dasar atau cara membuat laporan keuangan yang benar agar proses pengambilan keputusan bisnis dapat dilakukan dengan baik. Cara berbisnis dan memulai usaha dengan memanfaatkan rumah dapat menghemat biaya modal yang cukup besar, sehingga modal yang ada bisa dialokasikan untuk kebutuhan lainnya. “Untuk hari ini amak berjualan Tumbang Ubi dan Apam Terigu dengan harga perbijinya sebesar Rp.1.000,-. Tidak dipungkiri, berjualan di tengah pandemi begitu menguras hati dan pikiran Nurma. Harga bahan baku menjadi lebih mahal di pasar, modal pun sering tidak kembali.

Sampai saat ini saya tetap menjadi perempuan mandiri yang giat, mampu dan mau bekerja untuk membahagiakan keluarga saya dengan berjualan. Adalah suatu kebanggaan bagi diri saya jika saya bisa mengabulkan permintaan anak-anak saya. JURNALPOSMEDIA.COM – Jika sebagian anak-anak memilih untuk bermain setelah pulang sekolah, berbeda dengan anak kelas empat Sekolah Dasar kali ini yaitu Dian dan saudaranya Arif. Mereka harus berjualan gorengan demi membantu ekonomi keluarganya. Duduk di bangku SD, ia membantu perekonomian keluarga dengan berjualan manisan cermai di sekolah dan sekitar kampung. Sedulur memiliki hak untuk membantu sang suami mencari nafkah untuk keluarga.

Devi dan dua rekannya Anisa dan Diah merasa senang sudah bisa membantu orang-orang yang sangat lemah, dua keluarga dhuafa Nenek Abi dan Kakek Karmanto tersebut sebagai wujud dari implementasi surah al-Maun. Hal ini ternyata membuat Devi dan dua orang rekannya mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP UHAMKA merasa terpanggil melaksanakan program pemberdayaan keluarga dhuafa, yakni menyasar kalangan keluarga dhuafa. Devi dan dua rekannya tersebut memilih dua keluarga dhuafa untuk diberdayakan, yaitu Nenek Abi dan Kakek Karmanto.