By | August 20, 2020

Menurut Jerry, peningkatan ekspor tidak terhenti karena pandemi Covid-19. Berbagai perjanjian perdagangan, bilateral maupun multilateral, ikut mendorong pemanfatan keunggulan kompetitif produk-produk Indonesia. “Hari ini kita serahkan surat keterangan asal kepada para pelaku usaha agar produknya dikenal berasal dari Indonesia. Dari situ mereka akan mendapatkan pemotongan tarif bahkan hingga nol persen ke negara tujuan.

Sarang burung walet bisa menjadi salah satu alternatif

Sebab, kalau sampai kita merusak habitat atau mengambil sarang yang berisi telur, walet bisa trauma dan nanti nggak membangun sarang lagi di tempat tersebut. Resep makanan untuk kecantikan dan kesehatan yang tradisional dan diturunkan dari generasi ke generasi adalah sarang burung walet. Kalau dahulu sarang burung walet hanya bisa dikonsumsi oleh kalangan kerajaan, dan harus diolah secara khusus dengan memakan waktu sampai 5-6 jam untuk perebusannya, kini ada sebuah alternatif dengan sarang burung walet yang dihadirkan untuk siap diminum.

Sayangnya, butuh modal besar sampai ratusan juta rupiah untuk membangun gedung tersebut. Sarang burung walet di Indonesia misalnya, sudah diekspor ke berbagai negara, seperti Hong Kong, Vietnam, Kanada, sampai Amerika Serikat. Selain sarang burung walet yang berbentuk kepingan, ada juga yang bentuknya segitiga. Jenis sarang burung walet seperti ini harga lebih murah dibanding yang kepingan. Sebab, harga sarang burung walet cukup mahal sehingga sangat potensial untuk menambah pemasukan negara. “Untuk itu kita harus bersama-sama menjaga serta laporkan jika melalulintaskan unggas khususnya kepada petugas karantina agar sarang burung walet tetap dapat berkontribusi pada pemulihan ekonomi nasional,” tutupnya.

Maksudnya adalah wajib pajak bukan lagi pembudidaya namun para pengusaha yaitu tengkulak. Alternatif itu diusulkan karena tengkulak yang memiliki jaringan ekspor dan menentukan harga beli. Untuk mewujudkannya, pemerintah daerah perlu bekerja sama dengan balai karantina dan Direktorat Jenderal Pajak. Menurutnya, potensi sarang burung walet untuk pasar ekspor sangat tinggi. Dalam setiap bulannya, koperasi ini bisa mengekspor hingga 2 kuintal sarang burung walet ke beberapa negara seperti Tiongkok, Thailand dan Singapura. Jamil menjelaskan bahwa melalui dua program diatas, diharapkan peningkatan ekspor komoditas pertanian dapat makin bertumbuh.

“Ia juga membantu mengembangkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan metabolisme,” sambung Runckel, mengutip temuan penelitian medis dari Chinese Hong Kong University. Kandungan nutrisi dalam sarang walet dapat membantu mencegah otak melepaskan sinyal yang memicu peningkatakn produksi insulin sebagai respon dari asupan lemak berlebih. Sarang burung walet juga diperkaya oleh berbagai mineral yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh, di antaranya mangan, tembaga, seng, dan kalsium. Berdasarkan kandungan nutrisi ini, sarang burung walet dapat menjadi sumber protein, karbohidrat, dan sedikit lemak yang baik. Karena jika kamu memanen pada saat itu, kamu akan mendapatkan jenis sarang walet yang berkualitas bagus.