By | August 18, 2020

Hasilnya juga tidak kalah menguntungkan bila dibandingkan dengan membuka toko fisik, bahkan Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk sewa kios. Istimewanya lagi, bila Anda tertarik pada barang yang dijual , Anda bisa masuk ke ruang chat untuk mengobrol juga menawar harga. Begitu sepakat, Anda dan pedagang bisa membuat janji untuk saling bertemu. Memang, pada fitur ini, Facebook tidak melayani fasilitas pengiriman atau pembayaran barang. Semua transaksi pada akhirnya dilakukan lagi secara pribadi oleh pembeli dan penjual.

Langkah selanjutnya adalah dengan mengupload foto-foto produk jualan Anda. Bagi Anda yang menjual makanan, bisa mencarinya di akun yang berhubungan dengan dunia kuliner. Begitu pula untuk penjualan lain bisa disesuaikan akun penjualan Anda. Langkah pertama untuk bisa Jualan di instagram tentunya Anda harus menyiapkan akun khusus jualan.

“Dari studi idEA menemukan, 95% pelaku UMKM on-line masih berjualan di platform media sosial. Hanya 19% yang sudah menggunakan platform marketplace,” kata Untung dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (14/1). Setelah barang diterima, maka pembeli diberi waktu untuk melakukan konfirmasi penerimaan di web site market dan memberi testimoni. Walau pembeli tidak kunjung mengkonfirmasi, maka konfirmasi penerimaan tetap akan terjadi secara otomatis setelah beberapa hari berdasarkan tanda terima dari kurir. Saldo atau Dompet penjual akan bertambah senilai harga produk dan ongkos kirim setelah konfirmasi penerimaan.

Contohnya promo gold service provider, kredibilitas naik, cashback, resi pengiriman. Kemudian yang kedua adalah afiliasi, sama seperti marketplace lainnya Bukalapak menyediakan fitur. Fitur ini bisa langsung digunakan pada postingan produk yang akan ditawarkan. Keuntungan yang didapatkan dari fitur ini adalah apabila sales besar maka keuntungan yang akan didapat akan banyak pula.

Jika sudah membuat akun, kamu bisa langsung menjual barang di Bukalapak. Setiap penjual diberi kewajiban untuk menyediakan deskripsi dan foto produknya sendiri. Selain itu, penjual juga bisa menerima penawaran harga yag dilakukan oleh pembeli.

Beberapa waktu lalu saya pernah menulis artikel berjudul ‘Usaha Rintisan Menjual Pendirinya’. Di sana saya menekankan bahwa produk baru yang menawarkan diferensiasi tidak serta-merta akan diadopsi atau dibeli oleh konsumen. Lebih buruk lagi, sesuatu yang baru itu sekaligus sesuatu yang belum teruji dan terbukti. Perlu kepercayaan, pengorbanan, dan pertaruhan tidak kecil di sisi konsumen untuk membeli produk baru. Misalnya anda hanya menjual di web site sendiri, medsos, atau saluran lain. Mulailah dari yang sederhana, misalnya medsos atau web site free of charge.

Menjual barang dagangan di market place

Pertanyaan selanjutnya, bagaimana cara merangkai nama produk tadi? Selain relevan, nama produk tentu harus terlihat menarik agar memancing klik calon pembeli. Untuk kamu para pelaku bisnis online, baik pemain lama maupun baru, harus punya strategi khusus menghadapi persaingan ini.

Seperti yang sudah saya katakan kalau media sosial adalah untuk bersosialisasi. Pengguna lama kelamaan akan merasa muak jika linimasanya dibanjiri dengan promosi produk anda terus menerus. Facebook page adalah komunikasi dua arah antara usaha Anda dengan para pelanggan. Maka konten update yang diposting sebaiknya berkaitan dengan hal-hal mendorong interaksi dengan mereka. Berikanlah pertanyaan, ideas yang menarik, dan tautan yang bermanfaat untuk mereka Like dan Share.

Jadi, pengecekan inventaris secara berkala sangat penting untuk dilakukan, agar Anda bisa melakukan tindakan langsung untuk menangani produk-produk yang tidak laku. Pertimbangkan juga untuk menggabungkan produk dengan margin yang lebih tinggi dengan produk yang marginnya lebih rendah. Atau jika Anda memiliki banyak barang yang sama tetapi tidak laku, maka Anda bisa menggabungkannya menjadi satu dan menjualnya dengan harga diskon.